Tidak Ada Ucapan Ulang Tahun di Keluarga Kecil Kami

Awalnya, saya sempat jengkel karena suami saya sendiri tidak mengingat ulang tahun saya. Entahlah, hari itu dia diam saja, seperti tidak ada moment penting. Dan inilah, ulang tahun saya anggap moment penting yang ternyata tidak disetujui oleh suami. Menurutnya, kita tidak membolehkan budaya merayakan ulang tahun. Jangan ucapkan selamat ulang tahun kepada anak kita ya.. karena saya takut nanti akan menjadi budaya. Sedangkan dalam islam semua itu tidak ada.

Beberapa kali juga kita berdiskusi masalah "Perbuatan yang tergantung pada niatnya". Kadang, ada beberapa hal yang harus dilihat dulu pokok permasalahannya. Mencuri dengan niat membantu orang lain, apakah boleh? Kami memiliki kesepakatan, apapun itu, jila jalannya tidak baik, maka kita tidak perbolehkan meskipun niatnya baik.

Rumah tangga ini, memang ingin kita jalankan dengan kaffah sesuai ajaran islam. Kami masih belajar memperbaiki diri, satu persatu dan perlahan-lahan. Ada banyak hal yang tidak cocok dengan hati suami yang kadang membuat saya sedih. Namun, kembali lagi, saya akan menurut apapun itu, perintah suami, keinginan suami dan semuanya jika masih dalam jalur yang benar.

Dan semuanya.. memang tidak segampang memberitahu kepada anak kecil, butuh penjelasan yang harus saya dengarkan hingga akhirnya saya menyetujuinya. Karena berumah tangga memang harus berbagi, tepo sliro dalam hal sekecil apapun :).

No comments:

Post a Comment