Suka Online, Waspada! Ini 7 Cara Internet Memperburuk Kesehatan Anda

Saat ini sudah tidak asing bagi kita mendengar bahwa seseorang kecanduan internet. Namun tidak banyak diantara kita yang mengetahui bahwa kecanduan internet ternyata juga bisa berakibat buruk pada kesehatan.

Belakangan ini, selain kecanduan internet, ternyata ada beberapa penyakit lain yang kita hadapi apabila menghabiskan waktu selama berjam-jam menggunakan internet.

Obesitas, ketegangan pada mata, kemudian deep vein trombosit adalah bagian dari penyakit yang bisa membunuh dan menyebabkan kita mudah stres. Penyakit-penyakit tersebut adalah efek lain dari internet.
Secara rutin online, entah itu menggunakan gadget seperti smartphone, tablet atau laptop, akan membuat mata kita mengalami ketegangan parah sehingga untuk menguranginya, kita dianjurkan untuk lebih sering berkedip-kedip. Ketegangan parah yang menimpa anda tersebut dikenal dengan nama “sakit internet.”

Efek buruk internet terhadap kesehatan

1. Kecanduan internet

Saat ini, berjuta-juta orang yang telah mengalami kecanduan internet dan terus bertambah dari tahun ke tahun. Salah satu yang menyebabkan kecanduan adalah konten po*no. Kecanduan internet menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti jantung, tekanan darah tinggi, stres dan lain-lain.

Kecanduan internet bisa diatasi akan tetapi biasanya membutuhkan waktu yang panjang.


2. Gangguan anggota tubuh

Berbagai anggota tubuh kita akan terganggu apabila sering online menggunakan internet. Diantaranya adalah ketegangan pada leher, tendinitis yang sering menyebabkan rasa sakit pada ujung-ujung jari, serta pergelangan tangan karena mengetik di keyboard, tenosynovitis dan bursitis dapat juga menyebabkan thoracic outlet syndrome.

3. Depresi jejaringan sosial

Lebih dari satu miliar orang login ke facebook setiap hari melalui komputer maupun ponsel mereka. Depresi facebook hanyalah satu dari sekian sosial media yang bisa merubah suasana hati seseorang karena postingan atau yang lainnya.

4. Deep vein thrombosis

Deep vein thrombosis bisa juga disebabkan karena kecanduan internet dan sering menyerang generasi muda. Hal ini bisa terjadi karena mereka yang sering mengakses internet biasanya kurang bergerak atau lebih banyak duduk di depan komputer sehingga, terjadi pembekuan darah di sekitar vena yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

5. Sakit punggung

Ketika kita duduk dalam postur yang tidak benar, terutama saat bekerja menggunakan laptop dan dekstop, hal tersebut dapat menyebabkan sakit punggung yang parah. Apalagi jika kita duduk dalam waktu yang sangat lama setiap hari.

Jarang bergerak dan hanya diam duduk di depan komputer juga bisa menyebabkan obesitas serta mengundang beberapa kegiatan buruk lainnya seperti kebiasaan merokok.

6. Sakit kepala

Ada tiga jenis sakit kepala yang ada hubungannya dengan internet. Sakit kepala yang diakibatkan oleh internet diantaranya adalah: sakit kepala tegang, sakit kepala kronis harian, dan sakit kepala stres.

Pada saat anda terserang oleh salah satu penyakit tersebut, badan anda merasa tidak nyaman dan membuat anda tertekan.

7. Ketegangan pada mata

Secara intens menatap layar komputer selama berjam-jam bisa membuat mata menjadi kering dan gatal sehingga menyebabkan komplikasi. Jadi, jangan menatap layar terlalu lama tanpa berkedip atau tanpa beristirahat.

No comments:

Post a Comment