Melihat Kebalikan Sisi Positif itu, Sulit

Setiap kebaikan selalu ada gandengannya yaitu sisi buruk. Dan setiap kejadian buruk, yang dilihat manusia hanyalah sisi buruknya saja. Sulit untuk melihat dari segi kebaikan apa yang dia dapatkan dari keburukan itu. Karena, pengalaman saya, manusia cenderung ingin menyalahkan keadaan, orang lain, tempat, atau benda-benda dari pada harus menyalahkan diri sendiri serta berinstropeksi diri.

Tidak banyak yang bisa melihat kejadian buruk dari sisi kebaikannya. Tidak banyak yang bisa menguasai dirinya dari untuk mengakui kesalahan diri. Saya sendiri berpikir, bahwa saya masihlah manusia yang besar egonya pun dengan masalah ini. Saya masih sering melihat dari sisi buruknya, padahal, ada banyak sekali pelajaran baik yang saya dapatkan dari sebuah kejadian yang menurut saya buruk.


Disanalah kita butuh penyeimbang, entah itu seseorang atau guru, buku bahkan motivator. Karena untuk mengatasi dan mengakui kesalahan, kita termasuk saya, belum sanggup melakukannya. Sulit, memang..

No comments:

Post a Comment