Ini Dia, 7 Cara Mengolah Stres yang Baik

Saat ini, stres adalah salah satu bagian dari kehidupan modern, tidak hanya didominasi oleh para pebisnis, namun stres juga sudah mulai menghinggapi mahasiswa, buruh, mereka yang bekerja di kantor, pekerjaan rumah tangga bahkan pensiunan juga tidak lepas dari stres dan cemas.

Jika anda menjalani kehidupan yang penuh dengan stres, kesehatan mental anda serta kesehatan fisik akan banyak terganggu. Terlebih jika anda seorang pasien tekanan darah tinggi atau diabetes, ketegangan seperti stres bisa membuat kedua penyakit tersebut memburuk.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap orang untuk mengetahui bagaimana caranya mengolah stres yang baik dan benar.

Jika anda memiliki hidup tanpa ketegangan apapun, tentu itu merupakan salah satu tujuan yang semua orang cita-citakan. Tapi, salah satu syarat untuk bisa mendapatkan hidup bahagia tanpa gangguan stres, anda harus pandai mengelola stres karena stres tidak pernah lepas dari hidup kita.

Mengapa kita stres?

Kita tidak bisa menemukan alasan khusus di balik hal tersebut karena ada saja faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stres.

Untuk bisa terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena stres, kita harus mengetahui berbagai gejala stres sehingga memiliki kesempatan untuk menghindarinya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda manfaatkan untuk mengelola stres.

1. Cari tahu penyebabnya

Pertama kita harus mengetahui akar penyebab mengapa kita stres. Karena pada saat stres, biasanya jantung akan berdetak lebih cepat membuat kita berkeringat dan gugup.

Mulai sekarang, setiap hari anda merasakan gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya seperti berkeringat, jantung berdetak lebih cepat dan lain-lain, ingatlah hal tersebut. Kemudian, cobalah mengambil tindakan yang efektif untuk mengatasinya.

2. Pikiran positif

Ini juga merupakan salah satu langkah penting yang harus anda ketahui untuk mengelola stres. Memang benar kita tidak bisa mengendalikan setiap situasi, tetapi kita bisa melakukan pendekatan dengan berpikir positif sehingga berbagai masalah bisa kita tangani dengan lebih mudah.

3. Nikmati pekerjaan anda

Apabila anda tidak bisa menikmati pekerjaan, segeralah keluar dari pekerjaan tersebut dan carilah pekerjaan yang bisa anda nikmati. Karena, pekerjaan yang tidak bisa anda nikmati merupakan faktor dibalik stres.

Karena, tidak sedikit dari orang-orang yang memiliki hobi tertentu bisa sukses dari hobinya.

4. Bisa memanajemen waktu

Kehidupan saat ini semakin cepat, setiap orang berlomba-lomba menjadi yang terdepat sehingga hampir tidak memiliki waktu untuk beristirahat.

Jika anda ingin bisa manajemen stress, anda harus bisa mengatur waktu agar lebih efisien sehingga berbagai tujuan anda bisa tercapai tanpa harus mengalami ketegangan dan selalu berada di bawah tekanan.

5. Enyahkan rokok dan alkohol

Kedua benda ini merupakan pemicu stres. Walaupun alkohol dan nikotin yang ada pada rokok bisa menyebabkan rasa tenang, namun berbagai bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat kedua benda tersebut sangat parah. Tidak hanya merugikan kesehatan, rutin merokok dan mengkonsumsi alkohol ternyata bisa menyebabkan seseorang stres berat.

6. Tidur tepat waktu

Tidur tidak boleh kita abaikan. Tidur dalam jumlah yang cukup misalnya 8 jam sehari serta tidur berkualitas dengan tidur nyenyak setiap malam akan membantu anda menghindari stres.

7. Berolahragalah

Tidak bisa tidak, kegiatan yang membuat anda bergerak secara continue seperti berolahraga, berkebun, jalan kaki atau jogging, semuanya memberikan dampak yang positif terhadap tubuh karena pada saat tubuh bergerak, tingkat hormon penyebab stres akan turun. Sebaliknya, hormon yang membuat kita bahagia akan meningkat sehingga kekebalan tubuh juga akan terjaga.

No comments:

Post a Comment