Bagaimana Cara Tubuh Menyembuhkan Dirinya? Ini 8 Faktanya

Pernahkah anda mengetahui bagaimana cara tubuh kita menyembuhkan dirinya sendiri? Sebenarnya tubuh memiliki sistem yang disebut sistem kekebalan tubuh dan akan melindunginya dari berbagai hal serta membantunya pulih. Sistem tersebut akan membuat tubuh sembuh dengan sendirinya.

Situasi dimana setiap hari tubuh kita terkena berbagai paparan asap, polusi, racun, gas, mikro organisme seperti bakteri, virus dan bahkan jamur terus mencoba menjatuhkan dan melumpuhkan kita. Jika tubuh tidak kuat atau sistem imun yang ita miliki tidak baik, sudah pasti kita akan terkalahkan. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi terbaik.

Sistem kekebalan tubuh terdiri atas jaringan organ yang kompleks dan sel-sel yang akan melindungi dari berbagai serangan benda asing. Apabila sistem tersebut sangat kuat, maka berbagai penyakit tidak akan pernah memasuki tubuh anda.

Pada saat mikro organisme mencoba memasuki sistem tubuh kita, sistem imun akan mengirimkan tentara untuk menyerang parasit tersebut. Ini adalah cara melindungi kita dari berbagai infeksi, penyakit dan kemudian menyembuhkan berbagai cedera. Dan, berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai sistem kekebalan tubuh kita.

Fakta mengenai sistem kekebalan tubuh

Fakta pertama

Pada saat kita menderita demam, atau panas tinggi, itu artinya bahwa tubuh kita sedang bertempur melawan berbagai benda asing yang mencoba menyakiti kita. Benda asing tersebut bisa berupa virus, bakteri atau yang lainnya. Panas adalah reaksi tubuh untuk mematikan virus. Jadi, apabila anda demam, jangan buru-buru menurunkannya tanpa terlebih dahulu mengetahui penyebabnya.


Fakta kedua

Sistem kekebalan tubuh kita, termasuk juga hormon, antibodi, sumsum tulang dan sel darah putih cenderung mengalir ke berbagai aliran tubuh untuk mendistribusikan komponen-komponen yang dibutuhkan oleh imun.


Fakta ketiga

Pada saat ada masalah, sel darah putih kita akan bereaksi untuk memberikan perlawanan. Mereka akan menggunakan antibodi sebagai amunisi. Mereka tidak akan berhenti hingga benda asing yang berusaha membuat kita sakit dikalahkan. Umur sel darah putih biasanya hanya 2 hingga 3 minggu saja.


Fakta keempat

Pernahkah anda mengalami peradangan? Dan tahukah anda apa penyebabnya? Peradangan atau bengkak yang terjadi pada diri kita merupakan respon tubuh untuk mengatasi sesuatu yang menyakitkan.


Fakta kelima

Pada saat tubuh kita demam, tubuh akan mengirimkan sel darah putih memerangi mikro organisme asing. Pada saat itu, metabolisme tubuh akan meningkat.


Fakta keenam

Salah satu cara agar bisa memiliki imun tubuh yang kuat, kita harus bahagia. Karena bahagia adalah salah satu kunci sehat. Mengapa bisa demikian? Sebenarnya, pada saat kita merasa bahagia, kimia baik akan dilepaskan oleh tubuh dan secara otomatis membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.


Fakta ketujuh

Pada saat anda tidak beristirahat dengan cukup, seperti tidak tidur teratur atau kurang tidur, anda sudah pasti akan mengalami banyak hal mulai dari rasa pusing, lemas, sehingga menyebabkan anda mudah terkena berbagai penyakit.

Kurang tidur menyebabkan imun berkurang kemampuannya, sehingga anda diharuskan untuk tidur dan beristirahat secara teratur minimal 7 hingga 8 jam perhari.

Fakta kedelapan

Stres atau kondisi tertekan akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Oleh sebab itu, jauhilah stres dan pandai-pandailah memanagenya. Untuk menghindari diri anda dari stres berat, jangan terlalu memaksakan diri saat pekerjaan, carilah pekerjaan yang anda sukai, rajinlah beribadah, tenangkan diri anda, dan secara rutin anda juga harus melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh.

No comments:

Post a Comment